Chasong 2022

Chasong is back! Jelang pergantian tahun begini, enaknya emang posting Chasong 2022, alias lagu-lagu keren versi aku yang rilis di tahun 2022. Banyak banget yang comeback di tahun ini, pun banyak solois juga. Lagunya? Jangan tanya! Keren-keren!

Jumlah Chasong 2022 kayaknya nggak jauh beda sama tahun kemarin. Cuma bedanya kalau biasanya low to medium beat, sekarang banyak juga yang termasuk upbeat. Dodolnya, Chasong di Youtube sama Spotify beda-beda. Aku juga nyengir pas sadar.

So, ini lagu-lagunya:

Haechan – Good Person

Berdasarkan Spotify Wrapped 2022 aku, lagu ini ada di tahta tertinggi. Artinya, dalam setahun, lagu ini sering aku putar. Meskipun aku nggak tahu kalau ada kebiasaan itu, tapi masuk akal. Lagunya berasa pendek karena emang vocal Haechan enak banget. Jadi putar lagi. Lagu ini awalnya dinyanyiin Suju dan KRY.

Mark – Child

Asli ini keren banget. Mark yang selama ini dikenal rapper, tapi di lagu ini dia bernyanyi. Liriknya juga meaningful.

NCT Dream – Beatbox

Lagunya asyik, seru. Bukan yang low beat tapi comfort banget. Bikin pengen ngulang-ngulang lagunya. Cocok buat memperbaiki mood.

The Boyz – Levitating

Satu kata buat lagu ini: ganteng!

WayV – Phantom

I’m crazy over this song, kayaknya. Bagus banget, ala-ala opera, notasinya nggak terduga.

Girls Generation – Forever 1

Lagu comeback setelah 5 tahun hiatus, sekaligus anniversary mereka ke 15. Funfact: ada yang percaya kalau mereka grup baru debut.

NCT 127 – Gold Dust

Vocalnya, lagunya, notasinya, totally bikin nyaman banget walaupun ternyata liriknya susah. Lagi-lagi, lagu ini tuh kayak buat buktiin kalau member NCT 127 nggak kaleng-kaleng kalau disuruh nyanyi.

NCT Dream – Graduation

Perasaan campur aduk banget waktu dengar ini.

Jisung – ė§ˆģŒ

Jwi vocalnya bagus. Agak berat ala om-om. Kalau lihat Jwi yang cute, nggak akan sangka kalau suaranya dia berat. Di lagu ini lagunya jadi nempel banget sama dia. Aslinya ini lagu IU

Minho – Chase

Entah kenapa pas awal dengar lagu-lagu di album ini malah ingatnya Yuri. Nuansa lagunya agak dark (apa remang-remang), musiknya enak, cocok sama vocal Minho yang deep.

Kyuhyun – Promise You

Nggak usah dibahas, ya. As expected Kyuhyun!

Jaehyun – Forever Only

Musiknya tipe-tipe kesukaanku. Walaupun Jaehyun kadang megang notasi tinggi di Ilichil, di lagu yang nggak tinggi-tinggi banget Jaehyun bisa lebih “keluar” banget kemampuannya. Enak banget lagunya.

Ryeowook – Hiding Words

Asli ini lagu susah banget. Makanya masuk Chasong. Permainan notasi dan tekniknya gila-gilaan. Tapi lagunya bisa takluk sama Wookie.

Super Junior – Callin’

Aku sih sebenernya lebih suka Suju yang begini, mengingat usia šŸ˜…. Ya maaf, nggak maksud. Begini aja udah enak banget. Jadi ketahuan kan, kalau vocalnya Suju keren-keren.

KRY – If Only You

As expected KRY! Lagu begini mungkin makanan sehari-hari mereka. Tahu dong ya, apa yang ditonjolkan dari KRY? Ya, betul! Kemampuan vocal yang nggak main-main.

Doyoung – A Little More

Dia mungkin jadi Kyuhyun di Gen 3. Lagunya manis, kecampur vocal Doy yang keren. Udahlah meleyot. Nggak cukup didengar sekali doang.

Taeyong & Wonstein – Love Theory

Katanya viral di Tiktok? Tapi lagunya emang semenarik itu, easy listening, asyik didengar dan dijogetin.

Ateez – The Ring

Nggak tahu kenapa malah jadi ingat BAP. Kayaknya ada garis tak kasat mata antara lagu lni dan lagu BAP.

Taeyeon – Ending Credit

Awalnya dengar karena judulnya mirip lagu Yuri. Ternyata punya Taeyeon lebih bright ketimbang Yuri. Lagunya juga menarik.

NCT Dream -It’s Yours

Curang karena NCT Dream ada tiga? Jangan dong! Mereka tiga kali karena tiga kali comeback juga. Lagu ini sebenernya bawa nuansa remaja khas mereka, tapi ya gitulah, notasinya nggak terduga. Kayak akrobat.

Bonus lagu tergemes tahun ini, baik dari lirik ataupun performance:

Photo by weston m on Unsplash

4 thoughts on “Chasong 2022”

  1. Yang bikin kesel aku nonton phantom pun bawaannya pengen ketawa. Terlanjur ngga bisa take them seriously karena terkenal sebagai grup lawak. Padahal lagunya megah gitu.

    Aku sampai lupa ada Mark nyanyi lagu Child. Karena kalo dulu di awal2 acara NCT dia kaya gak mau nyanyi.

    Terus yg mikir SNSD baru debut langsung bilang aman, masih bisa lama ngestan. Kontrak 7 tahun masih lama

    Like

    1. Nah itu. Kedistrak mulu. Apalagi pas liat Dery. Asli inget dia yg di konten joget2 NCT. Aku denger d spotify dulu biar bisa dengerin dgn benar. Udah tau bakalan ambyar kalo liat mv duluan šŸ˜†

      Like

Leave a comment