Chasong 2023

Yeaay, pergantian tahun saatnya posting Chasong 2023 alias playlist selama setahun! Tahun ini kayaknya nggak sebanyak tahun kemarin. Eh, atau malah lebih banyak? Musisinya emang nggak terlalu variatif. Alesannya, karena mereka comeback melulu. Udah pun lagunya enak-enak, sampai bingung pilih lagu buat masuk ke sini.

Asli, tahun ini sebenernya dengar buwanyak lagu KPop. Kalau lagi di luar, di mall apa di tempat makan, suka ada lagu KPop yang diputar. Kayakbya KPop udah semakin merakyat, heuheu. Cuma, aku belum nemu yang bisa bikin penasaran cari lagunya dan dengar sendiri. Cukup dengar di luar aja.

Buat aku sih, musik KPop sekarang beda sama yang dulu. Sekarang, kayaknya rata-rata standar. Apalagi buat girlgroup. Sorry to say, begitu-begitu aja. Atau mungkin standarku I Got A Boy punya SNSD ya? Seriusan deh, IGAB itu lagu 10 tahun lalu, tapi keren. Musiknya berubah-ubah tapi tetap nyatu. Banyak kejutannya!

Kan, jadi kangen 2013, jaman KPop lagi keren-kerennya.

So, this is Chasong 2023!

N.Y.C.T – NCT U

Waktu awal rilis sempet mikir, kenapa nggak ditulis Taeil & Haechan aja? Setelah dipikir-pikir lagi, mungkin maksudnya U karena Taeil main vocal NCT 127 dan Haechan main vocal NCT Dream, biarpun dia juga ada di 127. Buatku, lagunya memuaskan telinga banget. Kualitas vocal jangan ditanya. Musik bikinan mereka juga oke banget. Ada part-part yang bikin wow, yang bikin mikir, kok kepikir bikin nada ke situ.

Broken Melodies – NCT Dream

Lagu utamanya di album itu ISTJ, tapi Brodies ini lagunya kedengeran beda, fresh, dan urusan vokal, wow banget.

Watch It – The Boyz

Gagal move on dari partnya Sunwoo. Asli. Nggak tahu kenapa nempel banget. Hi, hello, my name is what do you want.

It’s Okay – Ryeowook

Jangan kira aku udah maafin kamu ya, Bang! Tapi aku tetap dengar lagunya. Asli, meaningful. Apalagi kalau didengar pas lagi agak down. Ditambah vocal Wookie yang no kaleng-kaleng, dan bikin nyaman di lagu ini. Tier A, tjuy! Biar kata jarang dibahas dan gak ada yang kasih julukan buat vocalnya.

Golden Age – NCT 2023

Tahun ini  NCT dramanya banyak banget! Mulai dari Haechan yang mendadak sakit lumayan berat sampai nggak ikut konser, Lucas yang resmi keluar, Sungtaro pindah ke Riize, Taeil kecelakaan, ada NCT New Team yang dipilih lewat survival show internal (tapi sadis asli), Jungmin my new bias yang nggak jadi debut, Taeyong ngumumin wamil, sampai Doy dihujat warga. Oke, cukup menggalaunya. Dengerin Golden Age aja. Cara SM paduin lagu dari beberapa genre itu emang suka ajaib. Di lagu ini malahan rapp digabung sama komposisi klasik. Tapi kok ya enak dan pas gitu?

To. X – Taeyeon

Kayaknya, lagu musisi cewek yang aku dengerin itu Taeyeon doang. Cara dia eksekusi part-part sulit tuh kece. Meskipun di lagu ini nggak yang bertabur high note dan cenderung easy listening, tapi tetap berasa kalau ini Taeyeon.

404 File Not Found – Taeyong

Yang ini cowok, Taeyong, yang tadi cewek, Taeyeon. Shalala itu asyik, tapi lagu ini sih jenius. Apakah aku mulai beralih jadi penyuka rapp ya? Tapi dengerin lagu ini seseru itu. Dari awal aja udah bikin penasaran.

Like It – SHINee

SHINee banget! Karakternya kuat di lagu ini. Saat ini, mereka lagi bertiga aja karena Onew hiatus, tapi nggak mengurangi kualitas lagunya. Bangunannya tetap utuh. Bahkan kalau perform live, mereka tetap keren, tetap maksimal. Di tengah gempuran grup-grup baru, mereka masih tetap eksis, bahkan masih perform di acara-acara. Mana tuh, yang katanya grupnya paling terkenal sejagat raya?

Poppin’ Love – WayV

Begitu sampai di tengah berasa kelempar ke eranya Backstreet Boys, NSync, dan sejenisnya. Terus balik lagi ke zaman sekarang, terus kelempar lagi. Kayak naik rollercoaster yang banyak puterannya.

Golden Hour – Mark

Kalau Mark, ya pasti isinya rapp. Biar kata nggak masuk golongan best rapper menurut standar orang-orang, tapi rappnya keren, sharp, bukan sekadar ngomong cepat (which is, my grandma juga jago). Herannya, Mark nyanyi lagu ballad juga bagus. Entah ada hubungannya apa nggak sama Mark yang nggak bisa bikin telor ceplok, tapi di lagu ini dia juga bahas telor ceplok, malahan mention Gordon Ramsay juga. Tapi sih, mending denger lagunya aja, nggak usah cari tahu liriknya.

Love Is Beauty – NCT 127

Asli, sebenernya bingung tentuin lagu dari album Fact Check buat masuk ke sini soalnya bagus-bagus semua. Setelah bolak balik dengar sealbum-album, aku pencet lagu ini buat masuk playlist. Lagunya unik, mainan vocal banget.

Can We Go Back – NCT Dojaejung

Nggak jelas ini unit ke berapanya NCT. Tapi yang ini seriusan, soalnya sampe bikin album. Isinya Doyoung, Jaehyun, sama Jungwoo. Nggak ada yang sadar kan sebelumnya kalau vocal Jungwoo bagus? Kalau perhatiin No Longer versi live pasti ngerasa. Lagipula, mereka dari 127, yang 7 dari 9 member itu vocalist, tapi 9 orang itu bisa nyanyi semua. Instead of Parfume yang jadi hit single, aku prefer lagu ini buat masuk ke Chasong 2023. Hawanya agak dark, dan itu tersampaikan dengan ketje.

What Do You Think – Kyuhyun

Ini OST drama. Tipikal Kyu yang comforting, cocok jadi lagu pengantar tidur. Tipe suara Kyu memang setenang dan sehangat bulan. Agak beda sama Wookie yang secerah mentari, dan Yesung yang segelap tengah malam. Kyu itu tier A+. Kalau ada yang nggak suka tipe vocal dia, ya oke. Tapi kalau bilang vocal Kyu nggak bagus, patut dipertanyakan sih, yang dia dengar Kyu atau idolnya.

Horizon – The Boyz

Ini lagu ballad. Enak banget. Cocok juga buat yang pengen tahu vocal The Boyz kayak gimana. Ada lagi yang sejenis dan bagus, judulnya Dear. Itu single, yang aku gak tau pengumuman mereka mau rilis single, tau-tau lagunya ada di notifikasi Spotify.

Good Enough – Chanyeol

Awalnya dengar reff-nya. Setelah dengar semua, kok ternyata asyik. Lagunya easy listening dipadu sama vocal bariton Chanyeol, bikin susah move on.

DJ – NCT 127

Kalau bahas 127, pasti berujung sama kebingungan pilih 1 lagu buat ditaro di sini. Maunya sealbum-album. DJ ini bukan tipe lagu NCT 127 yang cenderung eksperimental. Malah relatif “lurus” kalau dibandingin lagu NCT lain. Tapi enak.

Best Friend Ever – NCT Dream

Lagu Jepangnya anak-anak Dream. Khasnya Dream: enerjik, asyik, berasa anak-anak ABG yang cerita tentang betapa bersyukurnya mereka punya best friend. Enak lagunya. Asli.

Here With Me – Doyoung

Asli, kayak lagu film silat China, padahal OST drama biasa.

Get A Guitar – Riize

Meskipun sesama dari SM sama NCT dan SHINee, tapi karakter mereka beda-beda sekalipun mengusung tipe musik yang sama. Not to mention Suju yang emang paling beda. Riize lagunya belum banyak, tapi yang ini asyik buat didengar. Hampir ada part yang mirip NCT. Cuma langsung ganti ke karakter mereka. Asli, jago yang bikin musiknya.

Know It – ATEEZ

Kalau denger album ATEEZ tanpa shuffle, berasa lagi ada di mini konser. Know It jadi lagu pembuka yang beneran bisa “mengikat” pendengar buat stay sampai konsernya beres.

Hands Up – NCT New Team

NCT lagi? Iya! Katanya sih ini bungsunya. Mudah-mudahan aja betul, meski nggak menutup kemungkinan ada unit baru dari unit yang udah eksis. Aku masih sedih karena Jungmin nggak jadi debut. Tapi, mungkin itu yang terbaik, biar Jungmin pulih dulu. Sebenernya unit ini membernya lebih muda daripada member Dream, tapi tetap aja yang dianggap bocah ya Dream. Mungkin karena lihat mereka dari jaman kecil. Karena mereka masih muda-muda, lagunya juga fun dan cheer up. Cocok sama image mereka. Nggak sesulit punya Dream juga. Berharap karakter mereka pas udah jadi NCT Wish beda sama unit terdahulu.

Bonus:

Melting? Awalnya, kalau nggak tiba-tiba menemukan Sunwoo di situ, dan genrenya berasa komedi.


Untuk tahun ini, nggak ada lagu dari akang tersayang. Dia rilis album sih, tapi modelannya kayak lagunya anak-anak senja di mari. Jadi, aku skip dulu yang ini ya, akang. Soalnya aku nggak terlalu nyaman sama tipe musik begitu.

Yang wow tahun ini adalah The Boyz. Asli ya, berapa kali mereka comeback dalam setahun? Energinya banyak banget! Kalau NCT, sekalipun pada comeback, tapi membernya beda-beda. Yang sama cuma Mark Haechan Dream dan Mark Haechan 127. Tapi 2 unit itu paling sibuk.

Sekilas tentang NCT biar nggak keder-keder amat, padahal aku waktu nulis juga keder:

  1. NCT 127
    Unit pertamanya NCT. Ibarat sekolahan, mereka itu SMA.
  2. NCT Dream
    Debut dari jaman bocah. Dulu konsepnya lucu, khas anak sekolah. Ibarat sekolahan, mereka itu SMP.
  3. WayV
    Unit NCT khusus di China. Makanya lagunya juga pake bahasa Mandarin. Ibarat sekolahan, mereka itu kelas internasional
  4. NCT Dojajejung
    Unit yang asalnya dari 127. Ibarat sekolahan, mereka perwakilan SMA buat lomba cerdas cermat.
  5. NCT U
    Membernya bisa berubah tergantung lagu. Ibarat sekolah, ini ekskul yang SMP, SMA, dan kelas internasional bebas gabung di mana aja.
  6. NCT 2023
    Gabungan dari mereka semua. Ibarat sekolahan, yayasan lagi bikin pentas seni yang semua harus ikut.
  7. NCT New Team
    Masih baru. Belum beneran debut. Ibarat sekolahan, mereka itu SD.

Bingung? Sama. Yang paham cuma Doy.

Belum semua ada. Totalnya 26 members

Leave a comment