Chasong 2021

Wuaaah, super long time nggak nulis di sini. Kangen juga nulis di blog personal gini. Yah, meskipun emang banyak iklannya. Tapi, ngerasa lebih bebas aja daripada di blog yang udah musnah gegara lupa perpanjang itu.

Eniwei, beberapa jam lagi ganti tahun. Asli, posting Chasong-nya mepet banget. Mendingan sih, dibanding taun lalu yang nggak posting sama sekali gegara broken heart akakaka.

Selera musik, overall sama. Tetep dari low ke medium, soale comfort banget dan bisa meredakan pikiran yang meletup-letup. Apalagi kalo dengernya malem pas lampu udah digelapin, sambil ngehirup aromaterapi dan dengar gemericik air, wow banget. Ada yang upbeat juga sih taun ini, meskipun nggak banyak.

So, Chasong 2021 adalah …. (nggak berurutan, sesuai yang ada di playlist Youtube aja)

1. House Party – Super Junior

Meskipun ini lagu kampanye #dirumahaja yang dance-nya ada semprot-semprot hand sanitizer, tapi lagunya enak. Bikin kepala bergoyang

2. Time of The Time – Yuri

Jarang-jarang kan Yuri nyanyi lowbeat gini. Kalo Taeyeon mah biasa. Falsetonya tajem bener, tapi oke. Emang soundtrack drama siy. Perpindahan registernya juga oke

3. Hello Future – NCT Dream

Apa ya? Pas awal denger lagu ini, ngerasa wow banget. Soale banyak notasi yang nggak ketebak, yang bikin mikir, “Lha, kepikir bikin nadanya ke situ.” Masih jadi lagu NCT Dream terkeren menurut eikeh, terkeren keduanya Boom

4. On A Starry Night – Kyuhyun

Beneran King of Ballads! Mix lagu keren sama vocal Kyu itu bikin garuk tembok. Kyu kalo nyanyi lagu ballad emang feelnya dapet banget. Berasa pengen pukpuk aja #gakboyeh!

5. Amino Acid – NCT 127

Sebenernya ini soundtrack Analog Trip mereka. Medium beat tapi easy listening. Konon, yang bikin lagunya Bubu. Dia juga nge-direct. Bubu kerja keras buat lagu ini. Usaha emang nggak mengkhianati hasil. Proud of Bubu.

6. No More Love – Yesung

Yeye nih ya, selalu berhasil bikin orang baper #eaaa. Musik di openingnya mirip lagu tidur punya KRY. Lagunya akustikan gitu. Beneran adem banget dengernya. Plus Yeye juga nyanyinya pake setengah power gitu di verse. Tau kan ya, vocalnya Yeye kayak apa.

7. Beautiful – NCT 2021

Yang kebayang apa? Lagu Cherrybelle? Asli, lagunya keren. Hawa-hawa lagu gen 2 gitu. Penampilan mereka pun sesantai lagunya. Liriknya juga positif banget. Cocok didengerin pas lagi down.

8. Melody – Girls Generation

Sejak mereka berlima, pembagian partnya itu lumayan adil. Jadi bisa dengerin part semua member dengan jelas. Di lagu ini pun kayaknya nggak ada yang dominan. Tipe lagu begini cocok buat SNSD sekarang. Udah ngeri-ngeri gitu kalo liat mereka nyanyi sambil dance yang susah-susah. Nyanyi kayak gini bisa sambil duduk akustikan. Ada part yang SNSD banget terus bikin, “Lah?”

9. Favorite – NCT 127

Asli lagunya dark banget. Tapi, aku lebih suka lagu ini dibanding Sticker. Biarpun ala-ala lagu NCT, tetep feel sad-nya itu berasa. Makin berasa deep yang part Johnny di tengah-tengah. Share yang dance practice edisi Halloween aja ah. Ada Yuta yang ribet sama kulotnya, ada Jungwoo yang ribet sama rambut, ada Johnny yang jadi polar bear.

10. Star 1117 – Ateez

Lagu taun lalu. Tapi berhubung aku baru tau dari @permenkapasawan jadi masukin aja. Lagunya comfort dan sweet banget. Belum baca liriknya sih, semoga aja nggak kayak 7 Years of Love punya Kyu. Dengernya nagih heuheu.

10. Heartbreak- Minho

Siapa sih Pak, yang matahin hati? Sampe bakar mobil segala. Lagunya enak, vocal Minho yang deep gitu juga cocok banget. Ya kan jarang-jarang Minho solo. Meskipun, secara feel tetep lebih dapet di single pertama dia, yang pas mau wamil.

11. Dreaming – NCT Dream

Musiknya udah kayak akrobat. Dari yang awalnya agak slow, terus lama-lama kenceng, ada rapp-nya juga. Macem beda tipe musik gitu. Mengingatkan sama The Boys.

12. Raining Spell for Love – Super Junior

Emang lagu remake, tapi enak. Pembagian vocalnya keren. Yah, as expected ya, kalo Suju mah. Sebenernya lebih suka Suju yang begini. Lha ngedance di Weekly Idol aja ngeluh encok.

Segitu aja. Padahal di playlist banyak. Yang ada di sini mungkin yang terkeren dari yang ada di playlist Youtube. Kalo ditaro di sini semua bakalan bingung reviewnya hehe.

Semoga 2022 bertabur lagu-lagu keren, grup yang jarang comeback jadi comeback, dan NCT nggak tambah unit lagi.

Oiya 2022 anniv SNSD ke 15. Idol sekarang ada yang umurnya 15 taun. Jauh banget ya gapnya. Semoga ada album. Kalo nggak memungkinkan buat OT8, OT5 juga nggak apa.

Bonus: lagu buat nikahan

gambar punya Photo by Marius Masalar on Unsplash

2 thoughts on “Chasong 2021”

Leave a comment